Saya Tidak Tahan Lagi!

3
979
Saya Tidak Tahan Lagi

Terkadang hidup ini terasa sangat sulit! Bagaimana kita bisa bertahan jika semuanya tampak sia-sia. Mungkin kita hanya dapat mengatasi masalah, sama seperti ketika kita memanjat sebuah gunung, dimana pada saat kita melewati bebatuan, kita bisa saja terjebak di pinggir batu, hingga kita menyadari bahwa hidup menjadi taruhannya.

Pada kondisi yang demikian secara otomatis, kita akan mulai memerhatikan kehidupan kita pada saat ini. Ketika hidup dalam bahaya, mungkin kita akan lupa dengan masa depan. Kita akan mengerahkan segala daya upaya untuk melangkah dan terus melangkah lagi, inci demi inci, hingga pada akhirnya kita berhasil keluar dari bahaya.

Strategi yang sama juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan satu-satunya strategi ketika kita merasa kehidupan yang kita jalani menjadi semakin berat. Anda akan berkata,” Bagaimana saya bisa tetap berpikiran positif jika saya bahkan tidak bisa membayar uang sewa?” atau “Bagaimana saya bisa terus melanjutkan hidup ini, ketika saya sedih, kesepian, atau sakit parah?”

Ketika yang terburuk terjadi dalam kehidupan ini, kita tidak bisa mencemaskan apa yang akan terjadi sepanjang sisa hidup kita. Bahkan kita tidak bisa mencemaskan apa yang akan terjadi di sepanjang sisa bulan ini. Namun, satu hal yang pasti adalah kita dapat mengatasi masalah tersebut dalam satu hari.

Setiap kali kita merasa bahwa 24 jam terasa begitu berat untuk dijalani, maka beristirahatlah lima menit setiap jamnya. Atasilah satu per satu masalah dan ambillah tindakan untuk masalah-masalah tersebut, karena pada dasarnya lari dari masalah bukan merupakan sebuah jalan keluar atau jawaban terbaik atas masalah tersebut.

Pada akhirnya, secara sadar atau tidak sadar, kita akan menemukan bahwa semua keadaan buruk mulai berakhir atau mungkin saja telah berakhir. Jika kita cemas mengenai apa yang harus kita lakukan pada bulan berikutnya ataupun bagaimana kalau semua hal akan menjadi berantakan di tahun depan, maka pusatkanlah perhatian kita pada masa sekarang ini. Banyak orang yang membawa kecemasan mereka kesana kemari selama 25 tahun atau lebih dan kemudian mereka akan bertanya-tanya mengapa hidup ini sangatlah sulit? Kita dirancang untuk hidup 24 jam, diamana ketika kita mendapati diri putus asa, maka tanyakan pada diri kita sendiri:

  • Apakah saya mendapatkan cukup udara untuk bernapas?
  • Apakah saya memiliki cukup makanan untuk hari ini?
  • Apakah saya akan baik-baik saja lima menit berikutnya?

Begitu kita berhasil melalui lima menit tersebut, bertekadlah untuk melalui lima menit berikutnya. Kemudian lakukanlah tiap lima menit tersebut dengan sebaik mungkin “do the best” dan cara tersebut bisa menyelamatkan kita dari rasa cemas ataupun penyesalan.

Yang bisa kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin sampai waktu

tidur tiba. Biarkan hari esok menjaga dirinya sendiri.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here