Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan

0
1860

Seorang pemuda berjalan medekati kota besar dan bertanya kepada seorang kakek yang sedang duduk bersama cucunya di pinggir jalan.
“Kakek, bolehkah saya bertanya seperti apa orang-orang yang tinggal di kota ini?”.”Seperti apakah orang-orang di kota yang baru saja anda tinggalkan?” tanya si kakek. “Mengerikan, mereka jahat, tidak dapat dipercaya dan menyebalkan dalam segala hal.” jawab pemuda itu. “Anda akan menjumpai orang-orang seperti itu juga di kota ini” jawab kakek itu.
Pemuda itupun pergi, tak lama kemudian datang lagi seorang pemuda yang ingin ke kota dan bertanya kepada kakek itu.”kakek, bolehkah saya bertanya seperti apa orang-orang yang tinggal di kota ini?” tanya si pemuda. Kakeknya balik bertanya “seperti apakah orang-orang di kota yang baru saja anda tinggalkan?”. “Mereka orang yang jujur, rajin, sopan dan ramah.” Si kakek menjawab “Anda akan menjumpai orang-orang seperti itu juga di kota ini” dan kemudian pemuda itu pergi
Cucunya yang mendengar jawaban kakek yang berbeda langsung bertanya.”Kakek, kenapa jawaban yang kakek berikan kepada kedua orang itu berbeda?”. “Cucuku, orang lain akan memperlakukan kita sebagaimana kita memperlakukan mereka, cara kita memandang mereka akan mempengaruhi cara mereka memandang kita. jika kita orangnya sombong, kurang ajar dan tidak dapat dipercaya maka orang lain juga akan berbuat demikian ke kita. jika kita orangnya baik, jujur, ramah dan sopan maka orang lain akan berbuat demikian ke kita.” jawab kakek. Setelah itu mereka berdua berjalan pulang ke rumah mereka.
Sumber: Winning with People

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here