Peresmian Purnapugar & HUT ke-55 Vihara Satya Maitreya Perbaungan, Sumatera Utara

0
368

Menjunjung Iman Sebagai Landasan Hidup Rukun & Harmonis

Vihara Satya Maitreya di Kecamatan Perbaungan yang berdiri sejak tahun 1964 merupakan salah satu dari Vihara-Vihara Maitreya yang paling awal didirikan di provinsi Sumatera Utara. Selama perjalanan usia yang melebihi setengah abad, Vihara Satya Maitreya telah berperan aktif sebagai wadah suci tempat dimana umat Buddha Maitreya dari generasi ke generasi bertumbuh-kembang dalam pembinaan spiritual.

Pada awal berdirinya, Vihara Satya Maitreya menempati bangunan satu lantai yang tidak terlalu besar dan telah mengalami beberapa kali perbaikan struktur bangunan yang telah dimakan usia. Di bawah kepemimpinan Ibu Pandita Mariawaty, beliau berinisiatif memulai proyek pemugaran bangunan lama dan pembangunan kembali bangunan baru Vihara Satya Maitreya dengan dibantu oleh Pdt. Madya Eric Pranolo sebagai ketua panitia pelaksana proyek pemugaran tersebut.

Berkat kerja keras dan dukungan baik moril maupun materil dari segenap umat Buddha Maitreya dan masyarakat di kota Perbaungan, pada hari Minggu, 3 November 2019 bertepatan dengan perayaan HUT ke-55 bangunan baru hasil purnapugar Vihara Satya Maitreya beralamat di Jl. Kabupaten No. 2, Perbaungan diresmikan oleh Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Maha Sesepuh Citrawira selaku Ketua Umum DPP Mapanbumi.

Acara peresmian dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh para tamu undangan yang hadir, disusul kata sambutan oleh Bupadi Sergai yang berharap bangunan baru Vihara Satya Maitreya yang sangat representatif ini selain sebagai tempat ibadah umat Buddha dapat juga menjadi tempat Pendidikan dan pengembangan spiritual umat Buddha serta pelayanan umat yang peduli kepada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Bupati juga berharap kedepannya Vihara ini dapat memberi manfaat yang besar, tak sekedar hanya kepada umat Buddha saja namun bagi masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga dapat menjadi salah satu elemen pemersatu bangsa. Lebih jauh Bupati bahkan berharap Vihara Satya Maitreya ini dapat dijadikan sebagai salah satu titik pemberhentian wisata religius bagi tamu-tamu yang berkunjung ke Kabupaten Sergai, sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Sergai yang menjadikan pariwisata sebagai salah satu program unggulan yang akan terus dikembangkan di daerah ini.

Pembina Buddha Kanwil Kemenag Sumut Budi Sulistyo S.Ag., M.Pd.B. dalam kata sambutannya mengharapkan kehadiran rumah ibadah dapat menjaga kerukunan umat beragama, khususnya kerukunan internal umat Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Juga berfungsi sebagai pilar dan dasar untuk kita jalani kehidupan yang rukun dan harmonis sekaligus mendukung program pemerintah dengan mematuhi aturan-aturan yang ada.

Semoga di tahun baru 2020 ini, kita semua sebagai warga negara yang taat dan religius, dapat terus menjunjung kehidupan spiritual dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Tuhan dan Buddha Maitreya senantiasa melindungi dan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here