HUT Vihara Karuna Maitreya (Teluk Gong) Ke – 35

0
2298

Vihara Karuna Maitreya, Teluk Gong (Jakarta), memperingati hari ulang tahun ke-35 pada hari Minggu (26/4/2015). Tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Dalam Syukur Nurani, Kita Raih Kehidupan Yang Penuh Berkah”.

Acara dimulai pukul 16.00 dengan ritual penyajian, kemudian dilanjutkan dengan kebaktian memperingati HUT Vihara Karuna Maitreya ke-35. Setelah kebaktian malam selesai, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama di lantai 1. Suasana acara sangat ramai sebab tamu yang berdatangan dari berbagai vihara serta dilengkapi dengan beragam makanan khas seperti rujak bagan (lolia), nasi bakar, pempek, es lilin, beragam kue-kue, serta es lemon tea yang disiapkan oleh mama dui Vihara Karuna Maitreya.

Acara dimulai pukul 17.30 dengan persembahan lagu pertama “Li Ming Zhi Ge” oleh Felix, lalu dilanjutkan persembahan sebuah lagu oleh Ayau Thancu dengan lagu “Yue Guang Pu Zhao Shi Jie”. Setelah itu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia, Mei Foyen. Kemudian dilanjutkan dengan sebuah persembahan lagu terakhir dari Kevin dengan lagu “Harum Nyiur” dan kemudian diisi dengan kata sambutan dari Pandita Cu Mu. Memasuki acara inti, tim paduan suara Vihara Karuna Maitreya menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Gan En Dao Ge” untuk mengingatkan kita semua untuk selalu hidup penuh dengan syukur. Selain itu ada paduan suara muda-mudi menyanyikan lagu “Mars Taman Sukacita” dengan gembira dan semangat.

Untuk ulang tahun yang ke-35 ini, panitia mempersiapkan sebuah drama mini yang mengingatkan kita semua pada seseorang yang sangat berjasa terhadap Vihara Karuna Maitreya yaitu Pandita Chai Yin Ying atau dengan gelar Kebuddhaan Cao Chen Yen Ciin. Beliau adalah sosok seorang Bunda yang berjuang terus menerus tanpa mengenal lelah, menabung, dan berhemat demi sebuah cita-cita mulia, membangun rumah Tuhan di dunia. Teluk Gong akhirnya menjadi pilihan Beliau yang beralamatkan di Jl. 21 No 91. Vihara Karuna Maitreya pada tanggal 23 Maret 1980 diresmikan. Beliau dengan penuh kasih memberikan semua yang terbaik untuk umat Ketuhanan. Dengan jiwa yang penuh dengan pengabdian, Beliau rela menanggung duka seorang diri tanpa ada yang mengetahui, hingga sampai akhirnya di tahun 1988 Beliau menghembuskan nafas terakhir. Untuk mengenang budi jasa Beliau, tim paduan suara Vihara Karuna Maitreya menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Gan Xie Tian En Bao Da Shi De”. Selesai menyanyikan lagu tersebut, panitia memberikan cinderamata tanda syukur kepada perwakilan keluarga Pandita Chai.

Sekolah Minggu Vihara Karuna Maitreya pertama kali didirikan pada tahun 1988 berkat dedikasi dari seorang Thancu Muda, Chien Yong Thancu. Dengan semangat beliau mengajar serta membimbing anak-anak sehingga sekolah minggu tetap ada sampai sekarang ini. Anak-anak dengan lugu polos dan semangat yang bergelora menarikan sebuah tarian yang berjudul “Wu Song Da Zhi Ran”. Ditemani dengan anak-anak, Pandita memberikan cinderamata kepada Chien Yong Thancu yang diwakilkan oleh Pau Sia Thancu.

Pada tahun 1991, atas restu dan bimbingan dari Pandita Citra Surya selaku pimpinan Vihara Karuna Maitreya, Vihara yang sebelumnya berukuran 6x18m, direnovasi ulang dan dibangun seperti sekarang ini, para Thancu dan umat bahu-membahu, semua saling bekerja sama membangun Vihara Karuna Maitreya.

Diakhir acara, seluruh pengisi acara menyanyikan lagu yang berjudul “Gan En Ni”. Isi pesan yang ingin disampaikan keluarga besar Vihara Karuna Maitreya adalah gan en nin, wo ai ni, you ni men zhen hao. Tanpa kehadiran para Thancu, para Foyen, para aktivis serta para umat, Vihara Karuna Maitreya tidak akan ada seperti saat ini. Ini semua berkat usaha, dorongan, semangat, serta doa dari mereka semua. Setelah itu, ada lagu yang berjudul “Hari Penuh Sukacita” dan “Xing Fu Ge” yang disertai pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun. Lalu diakhiri dengan foto bersama.

Sumber : Vihara Karuna Maitreya (Teluk Gong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here