Teguh dan Tegar Di Dalam Ujian

0
926

Setiap orang pasti pernah mengalami ujian di dalam hidupnya. Tidak ada orang yang lepas dari ujian kehidupan. Ketika akan menguji kemampuan seseorang di dalam bidang apapun pasti ada ujian yang harus dilalui. Sama halnya dalam kehidupan juga demikian, untuk menguji sudah sampai mana atau anak tangga berapa kesempurnaan kita, untuk mengetahui tingkat ketulusan kita tent harus melewati berbagai onak duri, halangan dan rintangan yang disebut ujian maupun cobaan.

Setiap cobaan di dalam hidup adalah proses yang mendewasakan kita. Salah satu proses hidup itu adalah proses menghadapi ujian dan cobaan. Apakah kita sering mengeluh ketika dihadapkan pada ujian dan cobaan? Sejauh mana kesabaran kita menghadapi setiap cobaan ataupun tantangan kehidupan? Adakah kita menghakimi orang lain, menyalahkan langit dan bumi ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan maupun harapan kita? Bisakah kita berlapang dada menerima setiap ketidaklancaran yang datang di dalam episode demi episode kehidupan kita? Mampukah kita bertahan sampai titik terakhir dengan segenap ketulusan dan keimanan kita kepada Tuhan?

Tidak ada orang yang berharap hidupnya akan selalu diterpa ujian dan coban. Namun sebagai manusia yang tidak sempurna dan mempunyai selaksa dosa karma, tak mungkin mengelak dari semua ujian dan cobaan. Karena itu yang terpenting adalah bagaimana menghadapi ujian dan cobaan, bukan mengeluh akan datangnya ujian dan cobaan. Tidak ada satu orangpun yang akan terhindar dari ujian dan cobaan karma kehidupan.

Ujian dan cobaan semestinya dihadapi dengan kesabaran dan kerendahan hati, mengakui segala ketidaksempurnaan diri yang masih terbelenggu di dalam kesesatan dan ketercekatan. Tak ada gunanya mengeluh dan menyalahkan orang lain. Sadarilah bahwa kita sudah berkelana di dalam kelahiran demi kelahiran dan selama itu pula sudah tidak terhitung berapa banyak dosa karma yang telah diperbuat. Haruskah kita menyalahkan Tuhan dan sesama atas ketidaklancaran yang diterjemahkan sebagai ujian di dalam kehidupan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here