Seminar Gizi Vegetarian oleh IVS, PERSAGI dan Poltekkes Kemenkes Medan

0
1737

Pola makan nabati (vegan) telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat sekarang ini. Karena itu IVS (Indonesia Vegetarian Society) cabang Sumatera Utara bersama DPD PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) Sumatera Utara bekerja sama dengan Prodi D-III Gizi Jurusan Ilmu Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan menyelenggarakan seminar umum bertema “Hidup Sehat dan Gizi Optimal Bagi Vegetarian/Vegan” pada hari Kamis (27/02/2014) di Aula Poltekkes Medan dengan jumlah peserta 550 orang.

Pola hidup vegetarian dan vegan sudah sejak ratusan tahun lalu dijalankan oleh beberapa suku di dunia. Dan penelitian kesehatan selama dekade terakhir menunjukkan keunggulan diet nabati dibandingkan dengan daging. Pembicara Dr. Drs. Susianto, MKM mengungkapkan bahwa kecukupan gizi vegan dapat dipenuhi dengan mudah, bahkan untuk kelompok ibu hamil, menyusui, dan balita. Diet nabati yang tepat dapat mencukupi kebutuhan protein, zat besi, kalsium, bahkan vitamin B-12 dan omega-3. Dipaparkan pula bahwa kacang kedelai dan produk olahannya seperti tempe dan susu kedelai mengandung nilai gizi yang sangat tinggi.

Sesi berikutnya disampaikan oleh Ginta Siahaan, DCN, M.Kes (Dosen Jurusan Gizi Poltekkes) yang menyatakan bioflavonoid pada makanan nabati bermanfaat untuk sel tubuh dan mencegah kerusakan DNA sel manusia. Diet nabati dapat mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Sesi seminar diselingi dengan tanya jawab dan dilanjutkan oleh pembicara Efendi S.N., M.Kes (Ketua III Persagi Sumut) yang mengungkapkan hasil penelitian bahwa orang dengan pola makan nabati memiliki kadar kolestrol LDL yang lebih rendah, HDL yang lebih tinggi, serta risiko terkena penyakit degeneratif yang lebih rendah.

Seminar diakhiri dengan sesi sharing oleh ketua IVS Sumatera Utara Ibu Anna yang menyatakan bahwa pola makan nabati tidak hanya sekedar masalah kesehatan, namun juga menyangkut lingkungan hidup, etika dan kasih sayang kepada semua makhluk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here