Sebuah Kesabaran Untuk Menunggu

0
813

Manusia sekarang lebih suka mengharapkan hasil yang instan dan cepat ketimbang sedikit bersabar untuk sesuatu yang lebih baik. Seringkali kita terlalu tergesa-gesa mengambil sebuah keputusan untuk berhenti padahal tinggal selangkah lagi menuju gerbang keberhasilan. Inilah kesalahan yang kemudian disesali hanya karena tidak mau lebih bersabar untuk menunggu hasil dari sebuah perjuangan.

Hidup di dunia bagaikan berada di sebuah ruang tunggu di mana kita menunggu dengan atau tanpa kepastian apa yang akan terjadi sedetik kemudian. Memang tidak mudah untuk menaruh lebih banyak kesabaran ketika menunggu sebuah hasil apalagi saat kita merasa telah berbuat yang terbaik dan sesuai kemampuan yang ada. Apalagi ketika melihat semua usaha yang telah ditabur seolah tidak berarti dan penuh ketidakpastian. Tetapi hidup memang begitu adanya dan kita harus menjalani setiap siklus dan proses yang kadang berliku-liku demi sebuah kepastian akan keberhasilan. Sadar tidak sadar sesungguhnya kita sedang dituntun untuk menggali lebih banyak kesabaran dari dalam diri untuk menunggu sembari berusaha yang terbaik demi sebuah harapan yang ingin digapai. Dan tentunya ketika menunggu ada usaha yang dilakukan sehingga bukan cuma menunggu rezeki nomplok tanpa melakukan apa-apa.

Padahal tinggal selangkah lagi harapan akan menjadi kenyataan, tetapi semuanya menjadi hancur dan gagal total hanya karena tak mampu mempertahankan kesabaran yang telah dipupuk sebelumnya. Bukankah itu hanya akan mendatangkan penyesalan di kemudian hari? Andai saja kita tahu bahwa tinggal setapak lagi kita telah mampu mengecap manisnya keberhasilan, lalu mengapa tidak berusaha bersabar sedikit lagi? Bukankah kesabaran yang telah dipupuk sebelumnya akan menjadi sia-sia ketika kita membuangnya begitu saja hanya lantaran kita tak mampu bersabar sedikit lagi?

Sebuah kesabaran untuk menunggu menjadi layak ketika kita benar-benar mempertahankan kesabaran meski sudah melewati batas kesabaran yang ada. Sebuah kesabaran untuk menunggu menjadi pantas ketika kita melakukannya di dalam kondisi yang penuh ketidakpastian dan kita bahkan tak mampu menerawang lebih jauh lagi tingkat keberhasilan yang bisa digapai. Sebuah kesabaran yang konsisten jelas akan mendatangkan hasil yang indah. Rasanya tak ada harga yang lebih pantas untuk sebuah kesabaran yang mampu dipertahankan selain kemuliaan dan kegemilangan. Belajarlah untuk bersabar, maka kebahagiaan akan dapat digapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here