Peresmian Vihara Dharma Citra Maitreya Parittiga Bangka

0
3324

Berdirinya Vihara Dharma Citra Maitreya berawal dari kedatangan pandita Tan awie sebagai perintis pembangunan vihara pertama di pulau bangka yaitu Vihara Citra Maitreya Pangkal Pinang. Berselang tak lama, atas restu dari Maha Sesepuh Cahaya Maitreya maka dibangunlah Vihara Dharma Citra Maitreya di Parittiga.

Tiga puluh tahun sudah Vihara Dharma Citra Maitreya (VDCM) berdiri di desa Bukit Lintang kecamatan Parittiga Bangka. Pada awalnya untuk mendirikan bangunan vihara di tanah parittiga ini tidaklah mudah; setelah beberapa kali mencari lokasi yang cocok untuk bangunan vihara dan dengan dana yang terbatas akhirnya Bukit Lintang – Parittiga menjadi tempat yang cocok untuk membangun vihara tercinta.

Vihara yang dibangun pada tahun 1984 ini awalnya hanya sebuah bangunan sederhana dengan ruangan kapasitas tiga puluhan orang saja; beratapkan seng dan dinding papan serta dengan fasilitas sederhana dan seadanya. Umat Parittiga yang ingin memohon jalan keTuhanan, kini dapat dilalukan di Vihara Dharma Citra Maitreya; mengingat perjalanan ke Vihara Citra Maitreya Pangkal Pinang membutuhkan waktu tempuh 2 jam dari kecamatan Parittiga.

Semakin hari umat yang memohon jalan KeTuhanan di kecamatan Parittiga dan sekitarnya semakin banyak. Perlahan tapi pasti, vihara yang dulu hanya berupa bangunan rumah sederhana kemudian dibangun menjadi ruangan yang lebih besar berupa ruang altar baru. Pada tahun 1989 dibentuk sekolah minggu Budhis yang semakin menambah banyaknya jumlah kegiatan dan jumlah umat yang hadir. Berselang belasan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1997 dilakukan pembangun ruang serba guna Dharma Sala yang umumnya dipakai untuk menunjang kegiatan-kegiatan vihara seperti kelas ceramah, penataran bulanan dan lainnya. Ruang seba guna Dharma Sala ini mampu menampung ratusan umat yang ingin berbakti puja.

Hari demi hari jumlah umat yang berdatangan semakin banyak dan dengan kegiatan yang semakin variatif membuat ruangan vihara tak mampu lagi menampung jumlah umat yang hadir. Berkat cinta kasih dan welas asih Tuhan dan para Buddha; para pimpinan berencana untuk membangun kembali vihara menjadi lebih besar. Vihara yang dulunya hanya berupa dua ruangan kemudian dirombak menjadi dua tingkat dengan tiang penyangga kokoh beserta dengan ruangan yang berkapasitas lebih besar dan ruangan serbaguna di lantai satu.

Dalam perjalanan 30 tahun memberikan terang dan bahagia kepada masyarakat Parittiga dan sekitarmya; tepatnya tanggal 1 oktober 2014 atau bulan 9 tanggal 8 penanggalan China, Vihara Dharma Citra Maitreya Parittiga diresmikan oleh pimpinan korda lima Maha Pandita Slamat Santoso dan para pandita lainnya.

Acara yang dimulai pada pagi hari pukul 8 ini, diawali dengan peresmian rupang Buddha Maitreya dilantai 2. Penarikan kain yang menutupi rupang Buddha maitreya oleh para pimpinan dan tamu yang hadir dari pulau Bangka dan luar kota, diiringi tepuk tangan meriah dari ratusan pasang tangan menjadi tanda diresmikannya altar lantai dua. Acara peresmian juga dimeriahkan dengan pemotongan pita oleh para pandita dan kebaktian bersama. Tampak suasana kemerihan larut dalam kebahagiaan dalam peresmian tersebut.

Seusai kebaktian bersama, acara dilanjutkan di lantai 1 yaitu peresmian pratima MiLeFo yang berada di depan gerbang utama. Peresmian pratima MiLeFo diawali dengan pelepasan balon ke udara dan jiejia patung MiLeFo. Semua yang hadir memberikan hormat pada MiLeFo sebanyak sembilan sujudan.

Pada siang hari, tepatnya pada pukul 11:00, tim penyambut tamu yang terdiri dari tim tarian Haiguang (Kilauan Samudra), Caiguang (Kilauan Pelangi) dan Banyuan Mile wenhuaban Palembang menyabut kedatangan wakil Bupati. Diawali dengan pemberian bunga kepada wakil bupati dan dilanjutkan dengan pemotongan pita di pintu utama lantai 1; pintu utama pun terbuka dan para tamu kembali disambut oleh anak-anak sekolah minggu VDCM yang memberikan tepuk tangan yang meriah. Para panitia mempersilahkan tamu untuk duduk dan menikmati acara serta jamuan makan siang, dan pembagian cenderamata.

Pada sore harinya, panitia menyuguhkan hidangan vegetarian kepada semua tamu yang hadir. Sebanyak 16 stand makanan khas Parittiga Bangka diantaranya: Thefufa, Bulawat, Xien cho, Es kelapa, Pempek Hitam, Choi paopan, Aneka kue, Aneka buah segar, Siomay, Pangsit, Tekwan, Pempek nasi, Rujak buah dan hidangan utama 9 macam sayur. Ribuan umat memadati lapangan parkir VDCM menikmati makan malam bersama.

Pada malam hari, acara dilanjutkan dengan acara kesenian yang dimulai pukul 18:30. Acara kesenian diawali dengan pra acara yang diisi oleh anak sekolah minggu VDCM dengan 2 lagu alam dan dilanjutkan dengan acara tarian Tim Caiguang dan Haiguang. Tak ketinggalan aksi para girlband cilik dan remaja turut memeriahkan acara dan acara kesenian ditutup ditutup hingga pukul 21:00.

Semua larut dalam suka cita peresmian vihara tercinta. Semoga wadah KeTuhanan semakin berkembang jaya, membawakan berkah dan harapan bagi masyarakat parittiga dan sekitarnya melalui berbagai kegiatan yang telah disusun bersama dan akan di jalankan bersama. Terimakasih atas Rahmat kasih Tuhan yang senantiasa memberikan terang dan bahagia kepada kita semua. Terimakasih kepada semua pimpinan Vihara, para Pandita dan semua umat VDCM Parittiga dan semuanya. Gan xie Ming Yi Dijun cibei Sesepuh Cahaya Maitreya.

More pictures click here.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here