Perayaan Tri Suci Waisak di Maha Vihara Maitreya Medan

0
1761

Peringatan Tri Suci Waisak 2559 di Maha Vihara Maitreya sudah dimulai sejak Minggu (31/5) berlangsung lancar dan khidmat. Pemandian rupang Buddha Sakyamuni dan pemasangan lilin berkah untuk masyarakat umum telah dimulai sejak pukul 07.30 WIB dengan dipimpin langsung oleh Maha Pandita Citrawira. Prosesi tersebut digelar selama 3 hari hingga puncak acara yaitu pada hari Selasa (2/6) bertempat di Graha Sakyamuni lantai dasar Maha Vihara Maitreya.

Selasa malam, sekitar pukul 19.30 WIB, ribuan umat Buddha dan masyarakat umum mengikuti kegiatan doa dan prosesi lilin bersama. Dengan dipimpin langsung oleh Maha Pandita Citrawira, ribuan umat bersujud memenuhi Graha Sakyamuni, memanjatkan doa ke hadapan Sang Buddha Sakyamuni agar senantiasa menerangi hidup serta menuntun hidup setiap makhluk menuju kebahagiaan dan mendapatkan jalan keselamatan, dari dosa kejahatan menuju kebajikan, dari penderitaan menuju kesejahteraan dan sukacita menuju nurani sadar cemerlang. Perayaan malam Waisak diakhiri dengan prosesi lilin diiringi dengan tembang suci “Malam Suci Waisak” dan “Kelahiran Buddha Gautama” serta pemandian Buddha Rupang Siddharta Gautama.

Semoga dengan perayaan Tri Suci Waisak 2557 ini, kita semua semakin dapat meneladani pribadi luhur luhur Sang Buddha dan semoga semangat Sang Buddha terpatri di hati setiap insan. (Suryani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here