Perayaan Imlek di Vihara Dharma Citra Maitreya

0
1248
Perayaan Imlek Dharma Citra Maitreya
Perayaan Imlek Dharma Citra Maitreya

Sejak siang sudah terlihat kesibukan di dapur, tim konsumsi bersama-sama menyiapkan snack untuk disantap pada malam Imlek 30 Januari 2014. Mulai pukul 19.00 WIB, Vihara telah dipadati oleh umat-umat yang ingin melakukan baktipuja malam pukul 20.00 WIB. Dan usai baktipuja malam, acara dilanjutkan dengan makan snack bersama dan dihibur oleh lagu bernuansa Imlek. Bakti puja mengantar tahun lama (ci nian) dilaksanakan pada pukul 22.00 WIB yang didahului oleh persembahan xian gong oleh tim muda-mudi wanita. Kemudian dilanjutkan dengan bakti puja penyambutan tahun baru (bai nian) pada pukul 23.30 WIB yang juga didahului oleh persembahan xian gong tim muda mudi pria. Bakti puja berlangsung dengan hikmat.

Usai bakti puja menyambut tahun baru (bai nian), Pandita Liang membagikan angpao serta bungkusan merah yang berisi buah kearifan dan CD lagu bertema alam kepada ratusan umat yang berada di altar lantai dua. Setelah menerima angpao, mereka segera turun ke lantai satu untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu pelepasan lampion harapan di halaman depan VDCM, ratusan lampion dilepas bersama di halaman depan vihara, langit yang gelap pun diselimuti oleh terang lampion yang berwarna warni, dan dilanjutkan dengan acara tukar kado.

Keesokan harinya para umat kembali berkumpul untuk melakukan ritual xian gong oleh tim senior VDCM dan bakti puja malam pukul 19.00 WIB, setelah itu dilanjutkan dengan acara makan malam bersama. Suasana tawa ria menghiasi perayaan Imlek setiap tahun. Semoga semua makhluk berbahagia dan dunia satu keluarga segera terwujud, mari berjuang bersama di awal tahun baru yang penuh harapan ini. (Tim redaksi VDCM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here