Perayaan Hari Anak Nasional – Maha Vihara Maitreya Medan

0
1149

Perayaan Hari Anak Nasional (HAN), Minggu (13/7) berlangsung sukses dan lancar. Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli, MAPANBUMI (Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia) bersama BSM (Badan Sekolah Minggu) menyelenggarakan berbagai macam perlombaan. Perlombaan yang bertemakan “Dengan Kasih Mari Kita Wujudkan Dunia Satu Keluarga” ini diikuti oleh 20 Vihara yang tersebar di Sumatera Utara.

Acara diawali dengan penampilan menyanyi bersama mars Sekolah Minggu Buddhis (SMB) yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Ribuan penonton yang memadati Sky Convention Hall ikut larut bernyanyi bersama dalam suasana suka cita dan gembira bersamaan dengan peserta lomba. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari bapak Pandita Nugroho. Dalam sambutannya, Pandita menyebutkan bahwa anak-anak adalah harapan orang tua dan anak-anak itu sendirilah yang bisa menentukan kesuksesannya di masa mendatang; selain itu anak-anak juga adalah penerus bangsa.

Pendidikan di usia dini merupakan pendidikan yang amat mendasar dan penting; sebab usia dini merupakan masa emas dan pondasi dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya. Seiring derasnya arus perubahan zaman, gelombang globalisasi dan trend yang menjurus pada pemerosotan akhlak; vihara-vihara Maitreya berusaha menjalankan peran pentingnya yaitu mendidik anak-anak untuk mengenal agama, menanamkan nilai-nilai moral, serta budi pekerti yang nantinya berguna sebagai kompas kehidupan sang anak saat terjun ditengah masyarakat. Melalui hal ini, sang anak diharapkan dapat tetap berjalan di koridor yang benar, berpribadi luhur, bertaqwa dan beriman kepada Tuhan, serta berbakti kepada orang tua.

Setelah kata sambutan dari bapak Pandita Nugroho selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir oleh Maha Pandita Joe Tjin Bok. Pada perayaan har anak nasional kali ini dimeriahkan oleh beberapa perlombaan; diantaranya festival senam kasih semesta, lomba cerdas tangkas, protokol kebaktian, lomba menyanyi solo dan cerita dharma. Festival senam kasih semesta berlangsung di lantai 3 Sky Convention Hall dan diikuti oleh 15 tim. Lomba cerdas tangkas berlangsung di lantai 1 Sky Garden dan diikuti oleh 4 tim. Lomba protokol kebaktian berlangsung di lantai 1 gedung A dan diikuti oleh 14 pasang peserta. Lomba menyanyi solo diikuti oleh 19 peserta, serta cerita dharma yang berlangsung di lantai 2 Sky Room diikuti oleh 13 peserta.

Tak ketinggalan, perayaan hari anak nasional juga diisi dengan kuis dan games. Peringatan hari anak nasional diakhiri dengan penyerahan piala bagi pemenang lomba, pemberian bingkisan kepada seluruh peserta lomba dan senam kasih semesta “Dunia Satu Keluarga” bersama dengan seluruh penonton yang hadir. Melalui perayaan hari anak nasional ini diharapkan mampu memberikan semangat “Hari Anak Nasional” dalam hati kita dan bermakna bagi perkembangan anak. Selamat Hari Anak Nasional.

More pictures click here.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here