Perayaan Dewi Bulan di MVM Medan

0
1546
perayaan kue bulan mvm medan
perayaan kue bulan mvm medan

Minggu (27/9), Maha Vihara Maitreya Medan mengadakan Perayaan Dewi Bulan bertempat di area Maha Vihara Maitreya. Setiap tahun tanggal 15 bulan 8 penanggalan China dalam masyarakat Tionghoa perayaan tradisi Dewi Bulan atau Festival Kue Bulan alias Zhong Qiu Jie adalah salah satu festival besar, dirayakan secara meriah dan menjadi perayaan istimewa dalam menyambut datangnya musim gugur.

Dalam tradisi umat Tionghoa, saat perayaan kue bulan seluruh anggota keluarga akan berkumpul guna menyantap kue bulan yang dilakukan saat bulan purnama. Maknanya adalah untuk menjalin kebersamaan diantara keluarga. Kerabat dan keluarga yang beberapa saat terpisah dari keluarga besarnya, biasanya akan berkumpul kembali untuk bersama-sama makan kue bulan.

Acara di Maha Vihara Maitreya dimulai pukul 19.30 menyajikan berbagai macam pertunjukkan yang menarik dan menghibur. Acara dibuka dengan kebaktian kemudian dilanjutkan dengan tarian naga di depan Graha Sakyamuni yang kemudian bergerak menuju panggung yang berada di depan Gedung A Maha Vihara Maitreya.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara kesenian yaitu senam kasih semesta, solo, trio. Kemudian dilanjutkan dengan ritual bakti puja Dewi Bulan, lalu dibagikan kue bulan kepada para pengunjung. Acara juga diisi dengan parodi yang dibawakan oleh Tim Blue Ocean dengan judul “Tiga Semangat Antusias dalam Kehidupan” dan diselingi juga dengan kuis, selain itu ada juga puluhan stand bazar di halaman depan Gedung A Maha Vihara Maitreya. Acara ditutup dengan barongsai.

for more pictures, click here

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here