Perayaaan Malam Cap Go Meh 2566 di Vihara Bumi Maitreya, Tanjung Pinang

0
1705

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan malam cap go meh 2566 yang diadakan di Vihara Bumi Maitreya Tanjung Pinang diawali dengan kebaktian bersama di altar yang terletak di lantai dua. Setelah kebaktian selesai dilakukan, dilanjutkan dengan acara kesenian di halaman depan vihara. Tampak ratusan pengunjung yang begitu antusias memadati halaman depan Vihara. Perayaan cap go meh ini dimeriahkan oleh vihara-vihara Maitreya se-Tanjung Pinang dari tingkat anak-anak (er thong), muda-mudi, hingga orang tua.

Pada kesempatan ini Pdt. Mdy. Sulaiman selaku ketua Yayasan Surya Budhi Agung menyampaikan bimbingan dharma, lalu dilanjutkan dengan penampilan senam, tarian dan tembang kasih semesta yang dibawakan penuh energik. Tidak hanya menyaksikan acara kesenian, para pengunjung juga dapat menikmati makanan dan minuman yang dijual menggunakan stand-stand yang ada di halaman; tentunya semua makanan dan minuman yang dijual vegetarian. Yang tidak kalah menarik, pihak panitia juga menyiapkan pertunjukan kembang api yang menjadi daya tarik tersendiri dari masyarakat sekitar.

Selain rangkaian acara tersebut, ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan pada setiap acara imlek di Tanjung Pinang ini yaitu ‘Mi Le Hong Bao’. Di dalam angpao tertulis motivasi nurani yang berbeda-beda sebagai media instropeksi diri di tahun yang baru. Biasanya bagi pengunjung yang hendak mengambil angpao, mereka melakukan sujudan terlebih dahulu baru kemudian mengambil angpao dengan memasukan tangan ke dalam kantong besar yang digantung pada belakang patung bikhsu berkantong.

More pictures click here.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here