Pengamalan Semangat Dunia Satu Keluarga Dalam Kehidupan Sehari-hari

0
2657

Perjuangan mewujudkan dunia satu keluarga adalah perjuangan yang dimulai dari diri sendiri. Hanya dengan dimulai dari diri sendiri akan ada orang yang terpanggil ikut. Memulai dari 1 orang menjadi 10 orang, 10 menjadi 100, 100 lalu 1000,sejuta, semiliar hingga sedunia. Siapakah orang pertama itu? Orang pertama itu adalah diriku sendiri. Akulah yang harus mulai, disini dan sekarang juga. Apa saja pengamalan nyata sebagai wujud semangat dunia satu keluarga kita dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Hidup yang harmonis

    Semangat dunia satu keluarga adalah semangat hidup harmonis. Hidup harmonis dengan semua orang. Harmonis adalah hidup selaras, serasi, saling membantu, melengkapi sehingga hidup menjadi indah, damai, dan bahagia. Sama seperti halnya gigi dan lidah satu keras dan tajam sementara yang lain lembut dan tumpul namun keduanya tidak saling melukai mereka dapat bekerjasama dengan harmonis. Gigi bertugas menghancurkan makanan sementara lidah bertugas mencicipi dan membolakbalikan makanan supaya dapat terkunyah rata. Lidah tidak dapat menggantikan gigi, gigi tidak bisa menggantikan lidah keduanya saling membantu dan membutuhkan. Keberagaman dan perbedaan adalah hakekat dunia. Untuk menjadi harmonis orang tidak harus memusuhi keberagaman dan perbedaan. Sebaliknya keberagaman dan perbedaan menunjukkan betapa pentingnya keharmonisan. Untuk mengembangkan hidup yang harmonis kita perlu mengembangkan semangat-semangat positif dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Rendah Hati

    Orang yang berjuang mewujudkan dunia satu keluarga mutlak harus rendah hati. Sifat sombong dan angkuh sama sekali berlawanan dengan semangat dunia satu keluarga. Orang sombong tidak pernah menghormati orang lain, tidak bisa menghargai pandangan orang lain,mau menang sendiri dan egois. Sedikit berkorban sudah menuntut pamrih dan mengagungkan dirisendiri. Orang sombong tidak menghargai kebersamaan dan kepentingan orang banyak.Sifat sombong adalah penghambat utama terwujudnya dunia satu keluarga. Sebaliknya, kerendahan hati adalah landasan hidup harmonis, kerendahan hati membuat seseorang saling menghargai,membantu, dan saling memajukan. Kerendahan hati adalah semangat dunia satu keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

  3.  Tulus

    Tulus apaadanya adalah kejujuran dan kemurnian hati yang sangat indah. Orang tulus tidak munafik, tidak berbelit-belit dan rumit sehingga banyak sahabat. Semua orang merasa nyaman dengan tenang berhubungan dengannya. Ketulusan menjadi pintu sukses dalam hubungan masyarakat. Sebaliknya sifat munafik, kelicikan, curang, rumit adalah perusak hubungan yang menjadi batu penghalang terwujudnya dunia satu keluarga.

  4. Berjiwa Besar

    Orang yang berjiwa besar adalah orang yang berlapang dada yang pemaaf, penug pengertian,bertoleransi. Orang yang berjiwa besar sabar, tidak perhitungan, dan mampu berkorban perasa, dapat menerima hal yang menyakitkan. Orang yang berjiwa besar yang mampu menerima tanggung jawab besar dan tugas berat.

  5.  Kebersamaan

    Kebersamaan menjadi semangat paling utama dalam dunia satu keluarga . Kebersamaan adalah semangat berbagi. Berbagi kebahagiaan, kesuksesan, kemuliaan, dan berbagi pencapaian. Kelemahan manusia adalah tidak mau berbagi hanya mau menikmati sendiri. Hanya mau sukses, bahagia ,kaya sendiri. Semangat tidak mau berbagi inilah penyebab utama kecemburuan dan iri hati, persaingan, pertikaian sampai pada peperangan.Semangat tidak mau berbagi ini pula yang membuat orang gagal menikmati kesuksesan dan kebahagiaan yang dicapai. Sebab kebahagiaan sendiri tidak dapat menandingi kebahagiaan bersama. Sebuah kebahagiaan menjadi sejati, bermakna dan bertahan bila dibagikan kepada banyak orang.

  6. Bekerjasama

    Banyak orang dapat bekerja sendirian dengan baik namun tidak bisa bekerjasama. Setiap bekerja sama pasti beda pendapat atau salah paham yang mengakibatkan pertikaian. Bekerja sama adalah sebuah seni tinggi untuk dapat bekerja sama dengan orang harus rendah hati, lapang dada, berani mengalah, berkorban perasaan dan senantiasa tulus ikhlas. Semangat bekerjasama adalah semangat hormat dan kasih. Kemampuan satu orang tentu tidak dapat di samakan dengan kekuataan banyak orang untuk menyelesaikan sebuah misi agung dibutuhkan tenaga banyak orang. Hanya dengan bergandeng tangan ,kerjasama yang baik, misi duni satu keluarga dapat diwujudkan.

  7. Memaafkan

    Tidak ada yang sempurna didunia. Semangat dunia satu keluarga mengajarkan semangat memaafkan. Hanya orang yang mau memaafkan dapat berkontribusi pada misi Dunia Satu Keluarga. Sakit hati, kebencian, dendam adalah sumber penderitaan dan kesakitan. Memaafkan adalah sumber sukacita, dan kebahagiaan. Orang yang bahagia akan membagi kebahagiaan. Orang yang menyimpan sakit hati akan membagi penderitaan, orang yang memaafkan akan membagikan sukacita.

  8. Ceria

    Ceria pangkal kebahagiaan dan sukacita. Orang ceria melupakan kesedihan, melepaskan beban menyakitkan. Mudah melupakan masa lalu. Orang ceria mudah riang gembira. Keceriaan adalah suasana utama dalam dunia satu keluarga. Keceriaan adalah sikap mental yang dapat dilatih dan dikembangkan. Orang yang mencita-citakan Dunia Satu Keluarga harus mengembangkan ceria dalam kehidupan sehari-hari kapan dan dimanpun berada.

  9. Bersyukur

    Bersyukur adalah kunci hidup bahagia. Kesusahan hidup , kemiskinan, dan kesakitan bukanlah faktor penderitaan. Harta, jabatan, dan popularitas bukan juga faktor kebahagiaan,. Adalah rasa bersyukur yang menjadikan hidup bahagia dan ketiadaan rasa syukur yang akan membuat hidup menderita. Semangat Dunia Satu Keluarga dalam keseharian adalah belajar bersyukur dalam segala hal. Bersyukur dengan semua yang dimiliki bahkan juga bersyukur dengan semua yang tidak dimiliki. Bersyukur dalam suka dan duka, sukses dan gagal, lancar dan rintangan, kaya dan miskin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here