Menjadi Siapa pun Tidak Masalah, Yang Penting Menjadi Diri Sendiri Yang Terbaik

0
1885

Di dalam hati kita, mungkin kita sering bertanya, kenapa saya bukan penemu bohlam lampu yang bernama Thomas Alva Edison, kenapa saya bukan miliarder terkaya di dunia yang bernama Bill Gates. Kita mungkin sering membayangkan jika kita adalah salah satu penulis terkenal di dunia atau pun penyanyi terhebat sepanjang masa. Kita mungkin juga pernah membayangkan jika kita adalah pemulung jalanan atau pun pedagang kaki lima. Apakah status itu benar-benar penting dalam hidup kita?
Kembali pada sebuah pertanyaan klasik, apa yang bisa membuat hidup kita menjadi bahagia? Kita mungkin pernah berpikir apabila kita memiliki banyak uang, kita akan bahagia. Namun apakah benar? Ketahuilah bahwa di luar sana banyak orang sukses dan kaya tidak memiliki waktu untuk keluarganya! Jikalau begitu, apakah dengan menjadi orang biasa-biasa saja barulah kita dapat dikatakan bahagia? Namun kita melihat realita bahwa orang yang biasa-biasa saja dengan ekonomi yang pas-pasan sering mengalami kesulitan keuangan dan merasa tertekan dalam hidup mereka karena semua aspek kehidupan membutuhkan uang.
Kalau begitu, peran apa yang harus kita mainkan? Kita harus mengerti bahwa status bukanlah hal yang utama di dalam hidup kita, tidaklah penting kita adalah seorang pengacara atau penyapu jalan, tidaklah penting kita adalah seorang bintang film atau karyawan biasa. Jadi apa yang penting? Kita harus mengilhami hidup dengan mengatakan kepada diri kita sendiri bahwa menjadi siapa pun tidak masalah, yang penting adalah menjadi diri sendiri yang terbaik.
Jadi, apa pun peran yang kita lakoni, kita harus memegang prinsip bahwa saya harus memainkan peran saya semaksimal mungkin. Semaksimal mungkin di sini memiliki makna bahwa peran yang kita mainkan harus dapat membawakan manfaat bagi orang lain. Apabila kita adalah penyapu jalanan, kita harus bisa memaknai bahwa kerjaan kita telah membantu menjaga kebersihan jalanan, membawakan manfaat bagi masyarakat sekitar. Apabila status yang kita sandang adalah seorang bintang film terkenal, maka sebisanya kita memberikan inspirasi kepada orang yang mengenal kita dan menjadi panutan bagi orang lain.
Siapa pun kita, apa pun yang kita lakukan, lakukanlah dengan semaksimal mungkin, dengan catatan tindakan kita membawakan manfaat bagi orang lain. Dengan menjadi berguna bagi orang lain, maka kita akan berhasil menjadi diri kita yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here