Malam Kesenian dan Seminar Buddhis di Maha Vihara Maitreya Medan Berlangsung Sukses

0
1534

Sabtu (3/10), Pukul 19.30 WIB, bertempat di Sky Convention Hall, Cemara Asri diselenggarakan kegiatan malam kesenian yang mengangkat tema Pesona Budaya Maitreya. Rombongan dari Tiongkok, kepala Biara Yue Lin kota Fenghua Provinsi Zhejiang Tiongkok, pengurus Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Budaya Maitreya Indonesia (LPPBMI) beserta tamu undangan dari Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumut, Plt. Ketua umum DPP WALUBI dan Ketua WALUBI Sumut, Ketua INTI Sumut, Ketua PSMTI Sumut dan anggota DPRD Sumut, Bapak Brilian Moktar, S.E memasuki Sky Convention Hall dengan disambut dengan tepuk tangan meriah oleh ribuan hadirin yang telah memenuhi ruangan.

Acara dimulai dengan koor “Tembang Kasih Semesta Dunia Satu Keluarga” dari Tim Chorus Gemuruh Ombak kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wakil Ketua Lembaga Pengkajian & Pengembangan Budaya Maitreya Indonesia oleh Romo Prajnasutta, sambutan dari Ketua WALUBI Provinsi Sumut Bpk. Dr. Indra Wahidin, sambutan dari Ketua Delegasi Fenghua, Tiongkok, Bhiksu Jing Ren Mahasthavira dan pengarahan dari Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Sumut, Bpk. Ketut Supriadi, S. Ag., M.Si.

Seusai kata sambutan, acara kesenian diawali dengan tarian “Alami Bahagia Selamanya” dari Tim Awan Putih dan Tim Semerbak Bunga, lalu senam kasih semesta “Pemuda Bahagia” dari Tim Pinus Hijau, lalu para undangan dan para hadirin menari bersama tarian “Hidup Bahagia Tiada Tara” yang dibawakan oleh perwakilan dari Tim Awan Putih dan Tim Semerbak Bunga. Lalu dilanjutkan dengan drama “Cita Rasa Kebahagiaan” dari Tim Blue Ocean. Acara ditutup dengan menari berasama “Dunia Satu Keluarga” oleh seluruh pengisi acara dan para hadirin.

Usai acara kesenian, seluruh rombongan melakukan foto bersama di Sky Convention Hall. Keesokkan harinya, Minggu (4/10) dari Sky Convention Hall kembali dipenuhi oleh sekitar 500-an umat Buddha sejak pukul 09.00 WIB dalam kegiatan Seminar Buddhis yang mengangkat tema Semangat Spiritualitas Maitreya. Seminar yang berlangsung selama 2 jam tersebut menghadirkan pembicara Bhiksu Jing Ren Mahasthavira selaku kepala Biara Yue Lin Kota Fenghua, Tiongkok. Seminar ditutup dengan penyerahan Cenderamata dan foto bersama.

Dalam seminarnya, Bhiksu Jing Ren Mahasthavira memaparkan penyebaran dan kebangkitan keyakinan pemujaan Maitreya India Kuno menuju Tiongkok serta riwayat hidup singkat Maitreya, Bhiksu Berkantong (917 M) yang diakui sebagai inkarnasi Buddha Maitreya di dataran Tiongkok.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Budaya Maitreya Indonesia, Maha Pdt. Citrawira mengucapkan terimakasih atas kedatangan Bhiksu Jing Ren Mahasthavira beserta rombongan dari Tiongkok untuk yang ke dua kalinya ke Maha Vihara Maitreya. Maha Pdt. Citrawira berharap untuk kedepannya para rombongan bisa kembali mengunjungi Maha Vihara Maitreya untuk menjalin ikatan jodoh baik kembali.

for more pictures, click here

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here