Kunjungan Maha Sesepuh Yen dan Maha Sesepuh Wang Ke Medan

0
2601

Kamis, 24 Oktober 2013, Wadah Ketuhanan di Sumatera Utara mendapat pancaran berkah kunjungan pimpinan wadah ketuhanan sedunia; Maha Sesepuh Yen, Maha Sesepuh Wang, Sesepuh Lie, Pandita Lyu dan Pandita Wen dari Taiwan. Kedatangan rombongan Sesepuh disambut hangat oleh ratusan umat dari berbagai Vihara. Malamnya, Maha Sesepuh Wang berkenan memberikan wejangan dharma bagi seluruh umat Ketuhanan di daerah ini. Sebelum sesi ceramah, acara diawali dengan nyanyian dan persembahan tarian dari tim Awan Putih dan tim Semerbak Bunga.

Jumat, 24 Oktober 2013, rombongan Sesepuh terlebih dahulu mengawali aktivitas dengan meninjau langsung ke proyek pembangunan gedung Sekolah Maitreyawira yang sedang berlangsung di depan bangunan Maha Vihara Maitreya Medan. Di sini rombongan merasa takjub melihat perkembangan pembangunan yang demikian mengagumkan. Sesepuh berharap semoga bangunan ini dapat segera dirampungkan, dan jika memungkinkan akhir tahun depan sudah bisa diresmikan. Dan Sesepuh berjanji akan datang kembali ke Medan pada hari peresmiannya kelak.

Pada moment ini, murid-murid playgroup sekolah Maitreyawira turut menyambut rombongan Sesepuh dengan senyum riang mereka yang lugu polos. Tampak Sesepuh sangat bergembira berbaur bersama anak-anak yang mayoritas merupakan putra-putri dari umat Ketuhanan.

Kegiatan rombongan Sesepuh dilanjutkan dengan bertolak menuju ke Brastagi untuk meninjau lokasi tanah yang akan dibangun gedung baru Pusdiklat Sad Paramita. Sebagai informasi tambahan, Pusdiklat Sad Paramita telah berdiri sejak tahun 1975 di daerah pegunungan Sidikalang, hingga kini setiap tahunnya pusdiklat ini terus berkonstribusi dalam mendidik dan melahirkan kader-kader bagi wadah ketuhanan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun dikarenakan lokasi yang sangat jauh dari pusat kota Medan serta perjalanan ke sana yang tidak efisien, akhirnya para Pandita merencanakan untuk memindahkan pusdiklat tersebut ke daerah Brastagi. Diharapkan dalam waktu singkat ini, proses pembelian lahan tersebut telah dapat diurus sehingga pembangunan gedung barupun dapat segera dilaksanakan.
Selesai meninjau lokasi pertanahan, rombongan pulang kembali ke Medan guna melanjutkan kunjungan berikutnya ke gedung baru Vihara Maha Maitreya yang baru diresmikan tahun lalu. Di sini Sesepuh merasa gembira melihat perkembangan dan keindahan gedung baru Vihara Maha Maitreya yang kondisinya sama sekali berbeda jauh bila dibandingkan dengan kunjungan Sesepuh ke vihara ini puluhan tahun silam.

Malamnya, Maha Sesepuh Wang kembali memberikan wejangan dharma yang intinya menekankan tentang pentingnya peranan sekolah untuk membimbing dan mendidik generasi muda penerus bangsa. Sesepuh sangat berharap semoga di setiap daerah di Indonesia dapat berdiri Sekolah Maitreyawira sehingga kita dapat semakin berkontribusi untuk mendukung misi suci Buddha Maitreya mewujudkan Dunia Satu Keluarga. Malam terakhir di Medan, Maha Sesepuh juga menyempatkan diri mengadakan temu ramah dengan Tim Awan Putih dan tim Semerbak Bunga. Kunjungan rombongan Sesepuh kali ini walaupun tergolong cukup singkat, namun sangatlah bermakna. Semoga kita dapat memetik hikmah terdalam dari kunjungan rombongan Sesepuh ini.

More pictures click here

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here