Keharmonisan Menyelamatkan Dunia

0
523

Satu hal yang paling mendesak untuk memecahkan permasalahan dunia saat ini yaitu seluruh umat manusia di dunia harus mempunyai kesatuan pandangan bahwa dunia adalah satu keluarga. Jika kita ingin menyelamatkan dunia agar umat manusia memiliki masa depan yang gilang gemilang, maka satu-satunya cara adalah kita harus mengembangkan pola pandangan hidup bahwa dunia satu keluarga, kita semua adalah saudara. Walaupun kita hidup di dunia dengan berbagai suku dan bangsa yang berbeda, berbagai agama dan ajaran yang berbeda, berbagai adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda, namun kita semua adalah saudara dalam satu  keluarga, Bahkan bukan hanya umat manusia tetapi semua makhluk dan kehidupan yang ada di muka bumi hendaklah kita pandang sebagai satu keluarga.

Mengapa Satu Keluarga?

Bagaimana agar dunia satu keluarga dapat segera terwujud di dunia? Jawabannya adalah kita harus bisa menjunjung dan menghormati unat manusia serta menghargai semua bentuk kehidupan dan kita harus belajar hidup sebagai seorang manusia.

Hal pertama yang harus kita  sadari adalah bahwa manusia mempunyai nilai kodrati yang sangat mulia melampaui semua harta benda di dunia ini dan nilai kodrati semua manusia di dunia adalah sama. Karena kita mempunyai hati nurani yang sama yang berasal dari Sang Sumber yang sama yaitu Tuhan.

Hal kedua yang harus kita sadari bahwa kehidupan semua umat manusia adalah sama berharganya. Jadi siapapun orang itu, kaya atau miskin, punya kedudukan atau tidak, seorang presiden atau rakyat jelata, semuanya mempunyai nilai kehidupan yang sama. Tuhan memberikan hidup yang sama. Nilai keberadaan kita adalah tinggi di mata Tuhan. Kehidupan seluruh dunia adalah sama tiada tandingan.

Hal ketiga yang harus kita pahami bahwa tubuh kita hanyalah alat yang diberikan Tuhan untuk menunjukan nilai kodrati dan nilai kehidupan yang kita miliki. Jadi tubuh hanyalah alat atau perkakas Tuhan. Tak ada yang perlu disombongkan atau direndahkan dengan tubuh yang kita miliki.

Kalau kita menyadari hal ini maka seharusnyalah mulai sekarang kita menbangun dunia satu keluarga dan itu dimulai dengan membangun hidup yang harmonis dan serasi dengan alam. Harmonis bukan hanya pada diri sendiri, tapi juga harmonis pada langit bumi, pada setiap kehidupan, pada setiap benda, pada alam semesta.

Membangun Hidup Harmonis

Alam adalah sebuah kesatuan; langit, bumi, manusia dan segala isi yang ada didalamnya. Apabila, manusia tidak bisa seirama dengan alam, tidak bisa hidup harmonis dengan saudara-saudaranya, langit, bumi, dan makhluk yang ada di dalamnya, inilah yang menyebabkan berbagai macam bentuk bencana dan prahara seperti sekarang. Jadi untuk menghindarkan dunia dari segala bencana, makan manusia harus bisa mengembangkan hidup rukun dan harmonis.

Langka pertama membangun hidup harmonis adalah menjunjung dan bersyukur pada langit dan bumi. Tanpa langit dan bumi tak mungkin kita bisa bertahan hidup. Langit memberikan kita cahaya, bintang-bintang, embun, hujan, dan sebagainya. Bumi dengan budinya yang besar, menampung semua makhluk dan semua umat manusia, menumbuhkan berbagai tumbuhan sebagai makanan kita, memberikan sumber air kehidupan. Jika tak ada bumi tempat kita berpijak, bagaimana kita bisa melangsungkan hidup kita hidup di dunia ini? Dengan budi yang demikian besar yang diberikan oleh langit dan bumi, Buddha Maitreya mengajarkan kepada kita bahwa sudah sepantasnyalah kita menjunjung dan menghormatinya sebagai ayah bunda kita.

Keharmonisan lahir dari sikap yang menghormati dan bersyukur. Selanjutnya adalah hidup harmonis dengan 6,5 milyar saudara-saudara kita yang ada di dunia. 6,5 milyar umat manusia yang ada di dunia adalah saudara-saudara kita satu keluarga, jadi sudah sepantasnyalah kita harus hidup harmonis. Kita kembangkan kasih kita secara lebih luas lagi yaitu dengan mengasihi semua bentuk kehidupan. Semua makhluk yang hidup di udara, darat dan air, walau mereka memiliki tubuh yang berbeda, tapi mereka punya kehidupan yang sama. Tuhan Sang Pencipta memberikan mereka denyut jantung dan nadi kehidupan yang sama dengan manusia. Karena itu kita mengasihi mereka dan hiduo harmonis dengan mereka. Buddha Maitreya juga membimbing kita untuk menghormati dan memuliakan seluruh benda yang ada dalam alam semesta ini; sebatang rumput, sebutir batu, setangkai bunga. Karena mereka juga bagian penting dari keluarga semesta ini, milik kita bersama. Jadi membangun hidup harmonis haruslah dimulai dari sikap menghormati dan menghargai setiap bentuk kehidupan, hidup yang serasi dengan alam dengan segala isinya.

Bagaimana mewujudkan?

Ada tiga hal utama yang harus kita lakukan dalam mewujudkan keharmonisan yaitu : Lindungi kehidupan, lindungi hidupmu, lindungi hidup yang lain.

“Keharmonisan adalah hal yang utama harus dilakukan oleh setiap manusia untuk bersama-sama mewujudkan dunia damai sentosa. Dengan Menjunjung, Melindungi, Mencintai, Memuliakan Semua Kehdupan maka kita akan dapat hidup harmonis dengan Langit, Bumi, Manusia, dan Laksa Makhluk”

Source : Majalah Maitreya 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here