Expo 101 Makanan Vegetarian Vihara Prajna Paramitha Maitreya Toboali – Bangka

0
1039

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan welas asih para Buddha-Bodhisatva sehingga pada tanggal 01 Oktober 2013, Vihara Prajna Paramita Maitreya (VPPM) Toboali – Bangka Selatan bisa mengadakan EXPO 101 MAKANAN VEGETARIAN dalam rangka memperingati HARI VEGETARIAN SEDUNIA yang jatuh pada tanggal 01 Oktober.

Dalam rangka memeriahkan dan mensukseskan acara tersebut, umat-umat VPPM bekerja sama dalam berbagai hal, seperti menyediakan makanan vegetarian, menyiapkan tempat dan panggung untuk masyarakat umum, menyediakan souvenir berupa VCD tentang vegetarian, menyanyi dan menari bersama oleh anak-anak Sekolah Minggu Maitreya (SMM).

Di zaman modern sekarang ini, aktivitas dan kegiatan manusia yang padat mengakibatkan pola makan menjadi tidak teratur, sering mengkonsumsi makanan junkfood (fastfood) dan makanan berlemak, sehingga sangat beresiko terhadap kesehatan. Namun, beberapa tahun belakangan ini, masyarakat umum, terutama di kota-kota besar, sudah mulai menyadari pentingnya kesehatan dengan pola makan yang sehat, sehingga banyak orang yang mulai melirik makanan sehat terutama makanan vegetarian.

Namun di kota-kota kecil, tingkat kesadaran akan hidup sehat dengan pola makan yang sehat masih terbilang rendah. Karena itu, perlu diadakan sosialisasi, seminar, ataupun acara tertentu agar masyarakat umum yang ada di kota kecil pun bisa lebih mengerti dan paham akan pentingnya vegetarian, terutama untuk kesehatan.

Melihat kondisi demikian, maka Vihara Prajna Paramitha Maitreya Toboali – Bangka Selatan mengadakan Expo Makanan Vegetarian yang terbuka untuk masyarakat umum, siapapun bisa datang dan mencicipi aneka makanan vegetarian. Dan hasilnya, antusiasme masyarakat umum sangat tinggi, terlihat dari banyaknya orang yang datang mengunjungi expo tersebut.

Adapun penyelenggaraan expo ini oleh umat VPPM bertujuan untuk mengubah mindset animo masyarakat umum, terutama di kota-kota kecil, yang menganggap bahwa makanan vegetarian itu tidak enak, tidak bergizi, dan tidak bervariasi menjadi pemahaman yang lebih luas mengenai makanan vegetarian yang sehat, enak, bersih, dan bervariasi.

Tentu banyak tantangan yang dihadapi untuk menjadi seorang vegetarian. Namun, jika mempunyai tekad dan niat yang kuat, niscaya dengan kuasa kasih Tuhan dan para Buddha-Bodhisatva semua kesulitan bisa teratasi dan berjalan lancar. Perlu diingat, bagi yang telah bervegetarian, tidak hanya terhadap makhluk hidup lainnya (hewan) kita berwelas asih, selaraskanlah dengan pengamalan etika, moral, sopan santun, dan toleransi terhadap sesama manusia.

For more pictures, click here.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here