[quote_box_center]MAPANBUMI merupakan sebuah majelis yang bersifat organisasi keagamaan Buddha.[/quote_box_center]MAPANBUMI bernama lengkap MAJELIS PANDITA BUDDHA MAITREYA INDONESIA. Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia didirikan pada tanggal 7 Agustus 1975 di Malang. Dewan Pengurus Pusat Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia. Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia berasaskan Pancasila.

Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia bertujuan antara lain sebagai berikut:

  1. Menyebarkan dan mengembangkan agama Buddha.
  2. Membina umat Buddha menjadi umat Buddha yang beriman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada para Buddha dan Bodhisatva serta mempunyai kesadaran beragama yang tinggi, memiliki mental dan spiritual serta budi pekerti yang luhur.
  3. Membina umat Buddha sebagai warga negara Indonesia untuk dapat menjadi umat Buddha yang dapat menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia.
  4. Membina dan meningkatkan penghayatan dan pengamalan para Pandita Buddha Maitreya mengenai agama Buddha serta keterampilannya sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan penuh tanggung jawab dalam membimbing umat Buddha Maitreya sesuai dengan ajaran para Buddha dan Bodhisatva.
  5. Membina persaudaraan sesama umat manusia tanpa membedakan agama, suku, bangsa, warna kulit, demi terwujudnya kerukunan dan kerjasama yang sebaik-baiknya.